Rimbunnya Cabe Mungil yang Dulu

Ternyata efek dari pupuk organik cair yang disiramkan rutin dulu efeknya gak instan, efeknya setelahnya dan kita jangan nunggu, biarkan saja hidup alami, hasilnya baru terasa.

Ingat kan tanaman cabe kecil di halaman rumah, yang pernah panen hanya dua buah cabe saja, yang saya beli pada awal Juni 2023.


Setelah panen pertama itu pertumbuhannya stagnan, hingga akhirnya saya sering berikan siraman rohani #upsbukan, siraman air cucian beras dan ampas kopi atau teh. Tapi setelah pemberian ya gak ada pengaruh apa², semut masih sering rajin datang, kemudian saya fokus basmi semut hitam.


Lama saya gak perhatian, biasa rajin siram tiap hari, ini tidak. Disiram pas kebetulan lagi bersihkan kandang burung 🐦.

Ternyata si cabe mungil ini muli tumbuh ketika datang hujan pertama, disitu mulai pertumbuhannya terpancing dan tumbuh meninggi sampai saat ini saya catat dokumentasinya.


Lihat kan, tinggi sekali dia sekarang, bedakan ketika diawal Juni 2023 lalu, link post di atas.

Buahnya lumayan besar² sih walau ya gak semua, dan tumbuh buahnya gak serentak, tapi sendiri², yang buah tumbuh dulu dia lebih besar, lainnya mengikuti karena tumbuh belakangan.

Jadi terpikir untuk memberinya nutrisi lagi. Maklum belakangan saya jarang masak nasi, jadinya gak ada air rendaman beras.

Belakangan juga sudah jarang ngopi atau ngeteh, jadi gak ada ampas kopi atau teh yang bisa saya bagikan di tanah.

Tiap pagi saya gak lagi rajin siram sekarang, saya hanya melihat daun² kuning yang hendak rontok saya rontokan, supaya hanya daun hijau sehat saja yang ada.

Sayangnya banyak laba² jenis ini bersarang di tanaman cabe kesayangan, mereka gak membuat jaring tapi mereka bertengger dan sembunyi dibalik daun² tanaman cabe.

Begitulah kira² update si cabe mungil yang dulu kerdil kini sudah tumbuh tinggi. Kita tunggu nanti panennya bagaimana, pedas kah, atau maniskah? ngp

#onedayonepost
#cabe
#umum

2 komentar:

  1. Asiik panen cabe..mau masak gak perlu beli lagi udah ada buahnya , padahal ga rutin di nutrisi dan di siram ya justru tumbuh dengan baik,...selamat merayakan hari Natal ya maseh..maaf terlambat ngucapin 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba'e ... Tidak apa² telat juga, masih dalam oktaf natal koq ..
      Iya mbak, sekarang cari cabe mudah dari halaman sendiri, ya sekedar buat pedas² masakan ada lah. Kali ini tumbuh jauh lebih sehat dari cabe lain yang di belakang rumah.

      Hapus