Selama Ini Salah Kaprah, Dikira 'Jamblang' Itu Nama Lain Daun Jati, Ternyata Salah!

Rasanya ingin tertawa pada diri sendiri, kenapa?

Sampai seusia ini saya baru tahu, bahwa daun jamblang itu bukan sebutan atau istilah untuk menyebut daun jati. Jamblang itu ada nama untuk suatu buah atau tumbuhan, dan pada post kali ini sedikit dibahas, sekalian meluruskan pemahaman saya yang salah selama ini.

Post ini juga terpancing dari post nya Mrs. Mreneyo, yang bahas soal buah jamblang, tautannya bisa dibaca dibawah ya, saya lampirkan, tinggal klik. Saya mau menanggapinpost itu, eh kolom komentar ya dimatikan, jadi gak bisa komen deh. "Bukan karena saya kan Mrs. Mreneyo, mematikan kolom komentar ya 🥹?" Kalau pas baca post ini, bisa bales di komentar ya 🤭. Kawan blog dari jauh yang paling sering mampir ke NGP ini.


Auo balik lagi ke post kali ini, misinta adalah meluruskan pemahaman saya yang selama ini salah.

Sejak kecil saya lahir dan besar di Cirebon. Kuliner nasi jamblang itu sangat familier sekali. Sejak kecil saya pahami memang nasi jamblang dikemas dalam bungkusan daun, yang sampai saat terakhir lalu menganggap daun yang membungkusnya adalah daun jamblang. Ternyata istilang jamblang itu karena nasi ini muncul dari sebuah daerah di sekitaran wilayah Cirebon yang bernama Desa Jamblang. Lokasinya sebelah barat Kabupaten Cirebon.

Jadi itulah asal muasal penyebutan kuliner nasi jamblang atau sega jamblang. Sega dalam bahasa daerah, yang artinya nasi.

Penamaan daerah ini itu ternyata dulu ada pohon jamblang besar yang tumbuh di pinggir sungai. Nah dulu pedagang² atau hilir mudik orang menuju suatu tempat itu memanfaatkan jalur sungai, dulu belum ada itu jalan raya seperti sekarang. Dulu juga nama tempat itu belum banyak seperti sekarang sudah diberi nama. Nah orang² atau pengunjung yang mayoritas pedagang² Cina menandai sebuah tempat dengan melihat ciri khas, pas di daerah yang kelak dinamai Jamblang itu ada pohon jamblang berukuran besar, nah itu dia nama Jamblang mulai digunakan.

Selengkapnya bisa kalian baca di sini ya, saya berikan tautannya, untuk mengenal asal ,uasal daerah Jamblang, nambah pengetahuan supaya gak salah kaprah seperti saya sudah sedewasa ini 🤭.


Sedangkan jamblang sendiri adalah nama dari sebuah tumbuhan atau tanaman, lebih tepatnya pohon. Bisa juga disebut jamblang, juwet, jambu keling atau duwet.

Nah saya sendiri sebenarnya gak asing jika disebut duwet, ternyata duwet ini adalah jamblang, nama lain dari jamblang.

Ini bukan duwet alias featuring ya kalau nyanyi, bukan duwet itu.

Ilustrasi, pohon jamblang yang tumbuh lebat dan besar, gambar diambil dari Google

Punya nama ilmiah Syzygium cumini, merupakan sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Pohon ini punya buah yang rasanya sepat masam.

Nama buahnya ini dikenal pula dengan berbagai nama seperti jambee kleng (Aceh), jambu kling, nunang (Gayo), jambu koliong (Riau), jambu kalang (Min.), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jamblang (Btw., Sd.). Juga jambu juwat, jiwat, jiwat padi (Ind., juwet atau duwet (Jw.), juwet, jujutan (Bl.), juwet atau jowet (Lombok), dhuwak, dhalas (Md.), duwe (Bima), Rappo - Rappo (Selayar).

Ilustrasi, buah jamblang, gambar diambil dari Google

Tumbuhan ini punya habitat di wilayah tropis baik dibudidayakan/liar di Asia tropis dan Australia. Selain itu tumbuhan ini juga punya pesebaran alaminya di Himalaya bagian subtropis, India, Sri Lanka, Malaysia.

Nah ada satu hal yang saya temukan ketika saya mencari tahu tentang tumbuhan jamblang ini, yaitu di Pulau Jawa, tumbuhan ini tumbuh liar di hutan jati dan dibudidayakan sebagai pohon buah di pekarangan, dari dataran rendah  hingga 500 mdpl.

Saya beri cetak hitam, jadi tumbuhan ini sering tumbuh diantara hutan jati, nah makanya hubungannya sangat erat sekali. Nasi jamblang dibungkus dengan menggunakan daun jati, dan tumbuhan jamblang ini tumbuh liar di sekitar hutan jati. Hmm, bisa saja yang salah kaprah selama ini bukan cuma saya 🤭😁, #mencaripembenaran #bercyanda.

Tumbuhan ini juga dapat tumbuh pada ketinggian 1800 mdpl. Bahkan di daerah dataran banjir tumbuhan ini juga mampu survive, ini tumbuh secara alamiah ya alias liar. Jika kalian mau menanamnya di pekarangan rumah jika kondisi tanahnya subuh dan memungkinkan juga bisa saja koq, tapi kalau kalian tinggal di pesisir pantai, hmm bisa gak ya?

Jadi kalau di blog Mreneyo, diceritakan bahwa buah jamblangnya dibawa dari daerah di Jawa Timur, ternyata di daerah gak jauh dari tempat lahir saya ada juga memang tumbuh tumbuhan yang dinamai sama, sama² jamblang. Hanya kalau di daerah saya memang itulah nama asli daerahnya Desa Jamblang, Kecamatang Jamblang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Seperti yang dikisahkan sedikit cerita asal muasal penamaan daerah tersebut di atas tadi.


Nah itulah dia ya, sekarang saya jadi paham, semuanya telah lurus, saya juga jadi paham sedikit juga soal sejarah asal muasal penamaannya sebuah daerah di dekat asal kelahiran saya, dan nama kuliner nasi jamblang itu berasal dari mana. Semuanya sudah clear, jadi saya akhiri post kali ini.

Ilustrasi, kuliner nasi jamblang. Lihat ini saya jadi kangen ingin makan, sayangnya jauh di sana. Gambar diambil dari Google





Mrs. Mreneyoo, kalau sekalian pas mampir ke sini, komen ya. Bingung mau interaksi meninggalkan jejak di blog gak bisa, jadi sekalian saja pas ada hubungan topik yang serupa, ditarik ke sini komentarnya. Ditunggu jejaknya Mrs. Mreneyoo.

Sampai jumpa dipost lainnya, bahas hal lainnya seputar tumbuhan ya, buat nambah pengetahuan, walaupun kali ini gak fokus sekali ke profil tumbuhan ya, karena misinya meluruskan pemahaman yang salah. -ngp

#onedayonepost
#umum
#buahjamblang
#desajamblang
#pohonjamblang

2 komentar:

  1. Wes tak buka kolom komen maseh 😁, naah pan jadi penasaran juga sama si jamblang ini jadinya...sekarang udah mulai ngerti ...saya juga taunya karena baca"di gugel, nah mengenai nasi Jamblang memang ya cirinya pake daun jati, saya juga jadi paham kenapa namanya nasi jamblang,jadi selama ini gak pernah tau/liat daun jati ya mas🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horay, akhirnya dibuka juga ...
      Sampai harus moratorium kolom komentar. Bingung mau nyautinnya, sampai harus dibuat 'jembatan'.

      Happy blogging terus mba'e.

      Oh ya, btw kayanya lagi musim buah jamblang atau duwet ini deh, kapan hari say melintas di sekitaran Lawang, Kab. Malang, ada yang jual, pakai nama 'duwet'.

      Hapus