Anomali Traffic Visitor Fiktif

Beberapa waktu yang lalu ketika saya melakukan blog walking saya pernah baca sebuah post dengan istilah 'jingling', nah dari baca² itu saya jadi tahu apa yang blog saya alami ini ya seperti yang dibahas di sana. Ya waktu itu saya visit ke blog nya Mreneyoo.

Eh delalah saya ngalami sendiri, walaupun dulu juga pernah dialami blog saya lainnya, tapi dulu gak tahu istilahnya, 'jingling'. Agak aneh sih namanya.

Ilustrasi, jingling, gambar diambil dari Google

Jadi Jingling itu merupakan software buatan China. Berfungsi untuk menaikkan traffic website.

Kata jingling diambil dari bahasa China yang artinya gemerincing, seperti koin² yang berbunyi seperti itu ketika bergesekan satu sama lain.

Sebenarnya software yang diistilahkan dengan jingling ini dikenal di dunia sebagai “spirit of software traffic”. Fungsi utama jingling adalah untuk memanipulasi pengunjung, di buat dengan mengumpulkan alamat IP dari berbagai negara. Alamat IP yang di kumpulkan akhirnya digunakan oleh aplikasi Jingling untuk menjadi pengunjung palsu.

Kalau saya dulu menyebutnya anomali traffic.

Ini rekaman pada bulan September 2023, tanggal 25/9 saya dapat kunjungan visitor baru dari blogger karena komunitas, bdk. statistic pun yang berkunjung hanya berapa, meski kenyataannya minimal 30 user blogger berkunjung. Itu pun page view juga gak tinggi. Ini traffic yang normal.

Karena memang aneh, blog saya ini blog baru dan memang visitornya bisa dihitung jari lah, traffic tertinggi itu karena games dari komunitas blog yang saling kunjung dan berkomentar, itu kenapa ada satu post saya yang komennya sampai 30 visitor + 1, ya itu karena yang ikut games sebanyak 30 blogger dan 1 blogger yang rutin visit ke sini.

Tampak fenomena anomali atau jingling ini mulai ditanggal 13/10 dan mengalami peak ditanggal 23/10. Ini mulai ditemuin dibulan Oktober 2023 ini.

Lha ini beberapa hari belakangan koq saya lihat di Histat itu visitornya bisa dua digit tiap hari, ini kan jelas aneh. Saya lihat source link visitornya juga aneh. Meski IP nya berbeda-beda.


Saya menggunakan Histats untuk collect data traffic ke blog NGP ini dan sudah saya pakai sejak lama.

Biasanya nanti setelah kejadian ini, entah beberapa waktu ke depan pasti traffic akan kembali normal, ya itu hanya 1-2 visitor yang rutin kunjungan, itu pun ada tambahan karena saya yang rutin mengunjungi blog saya sendiri.

Saya ambil contoh tanggal 24/10 itu bisa dilihat tiap jam selalu ada visitor baru dengan IP seperti yang bisa dilihat digambar sebelumnya, source nya dari Kanada. Jika kalian ada warna diagram batang biru, itu kunjungan dari saya pribadi yang asyik BW diblog sendiri. Itu jam saya santai ketika sepulang kantor santuy habis makan malam.

Kalau dari ulasan Mreneyoo, imbas dari situasi jingling ini, blog kita akan dianggap spam oleh Google. Katanya juga apes² bisa² blog kita ini akan sulit ditemui dimesin pencari Google.


Wah², sudah dapat pengunjung organik saja sulit, ini malah dipersulit ditemukan dimesin pencari Google.

Ini pernah saya alami ketika blog Naturality Channel mengalami anomali atau jingling seperti ini. Dulu ada beberapa post yang berhasil 1 search di Google, ketika ketik kata kunci itu langsung mengarahkan ke blog saya, tapi seiring waktu hilang sudah. Padahal dengan kata kunci itu post serupa ya gak ada yang spesifik, justru malah post saya hilang, walaupun masih bisa ditemukan jika diberikan link nya.

Sejak saat itu saya gak pernah berambisi lagi untuk menaikan apapun, saya berpikir mengalir saja lah.

Entah apakah prinsip ekosistem berlaku di sini, "sesuatu yang dibiarkan begitu saja, justru akan tumbuh lebih subur".

Aktivitas 'jingling', ya begitu saja ya saya sebut, walau ini sebenarnya merujuk pada sebuah aplikasi. Jadi aktivitas ini bisa dilakukan oleh pemilik blog untuk membuat seolah-olah blognya high traffic atau famous. Bisa juga dilakukan oleh orang lain tanpa sepengetahuan si empunya blog.

Kalau yang dilakukan sendiri si empunya blog itu berarti dia tengah melakukan pembohongan terhadap diri sendiri. Orang bodoh sih ini, dibohongi orang lain saja sakit, lha ini bak menyakiti diri sendiri #sakitjiwa.

Nah repotnya jika ini dilakukan oleh orang lain, yang di sini kita sebut saja 'hacker'. Hmm, lalu niatnya apa coba, kenal juga gak, kita pun bukan blogger terkenal, lalu koq sampai hari disandung begini?

Tujuannya adalah membuat persaingan traffic semakin ringan ketika web lain down karena dibanned oleh Google.

Dunia kehidupan saja sudah sangat jahat, ternyata dunia nyata pun tak kalah jahatnya, inilah dunia yang penuh dengan kejahatan baik disengaja maupun tidak, inilah kalau hidup mengejar dunia, ya sama dengan mengejar kejahatan.


Tapi untungnya saya gak terlalu pusing dengan popularitas blog saya, mau blog saya dikenal atau tidak, karena saat ini saya gak lagi mengejar eksis.

Saya hanya ingin menyimpan catatan sejarah saya sendiri di internet, karena saya punya prinsip, "kita hanya orang biasa, dimana tidak ada yang akan menulis sejarah kita, siapa lagi jika bukan kita sendiri yang mencatatnya."

Apapun itu yang saya catat diblog yang saya pelihara sampai saat ini. Tidak ada harta yang bisa saya wariskan kelak ke penerus saya kelak, ya hanya blog² yang saya miliki dan sudah saya 'hidupi' selama inilah warisan saya. Kalau kata orang², "it's my legacy".

Kita lihat saja fenomena anomali atau jingling ini bertahan selama berapa lama dari sejak terpantau muncul. Dokumentasi yang saya ambil merupakan hasil SC dari tools Histats yang saya miliki atas beberapa akun blog saya.

Segitu saja sih sharing saya mengenai topic soal Blog di NGP ini. Sebuah catatan penting bagi saya, mungkin tidak bagi kalian yang baca, tapi tidak ambil pusing, kembali ke prinsip saya ngeblog itu apa, jadi abaikan reaksi yang timbul, teruslah menulis sejarah mu di sini. -ngp

#onedayonepost
#blog
#jingling
#anomali
#histats

5 komentar:

  1. Pernah ngalamin juga yah mas nya ternyata....ya begitulah mas...saya juga gak paham apa alasan semuanya...wong blog saya juga biasa aja,pengunjung juga bisa di hitung ...paling juga dari komen"..tapi aneh aja kalo sampe bisa dapet puluhan ribu...angka yg agak medeni menurut saya..tapi sekali lagi itu jadi pelajaran berharga buat saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata persaingan di dunia maya juga gak kalah jahat, bahkan gak kenal saja bisa gituin.

      Hapus
  2. Per hari ini sy amati traffic blog sudah mulai kembali normal, gak seperti kemarin sempat gak jelas.

    Kondisi anomali ini ternyata hanya bertahan semingguan x ya.

    Lebih baik apa adanya saja, daripada traffic tinggi tapi fiktif, itu seperti menipu diri sendiri, lawan dan kawan. Meskipun itu bukan kemauan kita.

    BalasHapus
  3. Memang enggk lama bertahannya, balik ke normal lagi..bener sih ngalamin dapet angka melonjak drastis tapi kalo boongan ya buat apa..mending yg pasti"aja yaa

    BalasHapus