Kekeringan! Menanti Hujan, Sampai Sungai Amazon Habis Air

Baru saja membaca post dari rekan blogger, mba Mreneyo kalau beliau ini kerepotan gara² PAM nya cuti memasok air ke rumahnya karena masalah kekeringan.

Baca juga: Air PAM Mati Lagi

Eh pas baca berita daring, Sungai Amazon, sungai yang membentang jauh di 'benua' Amerika Latin juga sampai kekeringan. Padahal kalau semua orang tahu, di sana kan gugusan hutan rimbanya luar biasa, bayangkan hutan selebat itu sampai bisa kekeringan, kemana tampungan airnya coba, diserap kemana?

Ilustrasi, ketika terik matahari tanpa hujan membuat lahan terbelah karena kering. Ternyata bukan cuma 'pemilu' saja yang buat kita terbelah, tapi kekeringan juga bisa buat tanah terbelah-belah. Gambar diambil dari Google

Masa iya orang² Amazon pada punya pompa sumur buat ambil air segitu banyak, kemudian hutan rimba itu apakah hewan² nya sudah modern sampai ngambil airnya segitu masifnya. Why?

Apa terjadi kerusakan ekosistem di bantaran sungai dan hutan alami di sana sudah mulai rusak? Apa juga emang hujannya yang berkurang sehingga pasokan air dari langit gak ada. Banyak faktor sih ya, saya gak paham di sana itu karena apa.

Ups, mba Mreneyo, kalau baca post ini ijin ya tak sebut² blognya 😁, lupa ijin didepan malah asyik nyerocos aja.

Sebenarnya, apa yang terjadi di daerah Amazon sama juga ya terjadi di negeri kita. Kalau baca berita topik kekeringan banyak itu daerah² di nusantara ini tersebut namanya, warga kesulitan ambil air lah, sungai kering, pasokan air ke pertanian juga sulit.

Air sudah disadari punya peran vital dalam kehidupan kita makluk hidup.

Bahkan tanaman saya yang lupa 1-2 hari gak rutin saya siram saja, itu pada layu, kuyu dan tak bergairah. Seperti yang tampak didokumentasi, selain kurang air itu juga kurang nutrisi sih, iya maklum rencana mau saya benahi karena ada yang salah dengan cara saya menanam, rencana mau saya bongkar, ini lagi eksperimen kalau tanpa rutin disiram tahan berapa hari sampai dia nyaris mati si. Jahat sih, tapi saya harus tahu, karena kalau saya tinggal pergi, maksimal berapa lama. Back to topic.


Apa yang terjadi di banyak tempat, terutama di Amazon harusnya bisa jadi bahan cerminan. Bahwa hutan belantara rimba yang mana, kita semua tahu bahwa tumbuhan atau tanaman, apalagi pepohonan besar yang bergugus-gugus itu adalah alat untuk membantu air terserap dalam tanah, air diikat dalam tanah, tidak menggerojok begitu saja ke laut.

Tapi bayangkan hutan Amazon yang begitu lebatnya saja bisa terjadi kekeringan, lalu bagaimana kita yang bukannya menambah pepohonan, malah nebangim pohon saja, karena alasan estetika lah, peremajaan kota lah, takut tertimpa kayu pohon tumbang lah dll. Tapi kita saat ini itu butuh alat untuk bagaimana air itu tidak terbuang sia² ngalir ke pelimbahan begitu saja.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan guna menghadapi kekeringan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, saya sesuaikan dengan yang mungkin bisa kita lakukan sehari-hari (itu prioritas), karena nyata bisa langsung diterapkan.

#1 Mulai rajin menanam pepohonan jika di sekitar rumah terdapat lahan tanah kosong. Ini bermanfaat combo, sekalian bisa untuk mengikat air di tanah, bisa juga dipakai nanti saat kemarau jadi peneduh. Bisa dipilih vegetasi yang baik dalam menahan atau mengikat air.


#2 Mulai buat tampungan² air, tandon² air hujan di sekitar rumah. Hanya pastikan tandon ini tertutup rapat dari nyamuk. Jika nyamuk bisa bertelur di sana gak masalah, tapi dia gak bisa keluar, itu yang penting. "Bisa masuk tapi gak bisa keluar."

#3 Memperbanyak area resapan air, kurangi memplester semen area terbuka, minimal menggunakan paving blok jika ingin tetap menjaga kebersihan atau keamanan dari serangga tanah.

#4 Penggunaan air dengan hemat dan tepat guna.

#5 Pembangunan waduk atau penampungan air dengan debit besar jika memang di area tersebut memang relatif sulit terhadap pasokan air bersih dengan melihat pertimbangan² tertentu. Ini bisa diusahakan oleh pemerintah daerah. Minimal kolam tampung air hujan dengan debit yang cukup, setidaknya air hujan tidak terbuang sia² begitu saja, apalagi sampai jadi genenangan banjir.

Area ini bisa jadi area RTH (Ruang Terbuka Hijau) untuk hiburan warga, tentunya jika pemerintah daerah setempat memahami kebutuhan warga.

#6 Hal ini perlu didukung jalur irigasi yang baik, supaya aliran air hujan itu mengalir ke lokasi tampung yang memadai.

Kenyataan nya irigasi hanya sekedar proyek buat ngisi dompet pejabat terkait. Kalau denger kata 'proyek' pejabat terkait langsung gak bolot, "btw gw dapat apa ya". Inilah Indonesia.

#7 Ini sederhana tapi penting, yakni menjaga kemurnian air bersih, dengan tidak membuang limbah atau sampah sembarangan ke aliran air. Sehingga baku mutu air bisa tetap terjaga baik tidak terkontaminasi. Air terbatas jika kita cemari itu sama saja seperti bunuh diri.


Cara diatas efektif untuk pemukiman yang memang RTH nya relatif banyak. Jika pemukiman perkotaan dimana lahan RTH nyaris tidak ada, caranya adalah dengan tetap membuat tandon² resapan secara kolektif, intinya ketika musim penghujan datang air ini bisa dimanfaatkan.

Rumah² harus mulai menyediakan tandon² tampungan lebih dari satu, guna antisipasi.

Kelola air seperti kita kelola rejeki (baca: uang). Rejeki datang pasti jika kita bekerja, ada gajian, yang gak pasti kan banyak. Setiap musim hujan pasti hujan, tapi kapannya datang kita bisa perkirakan, nah gimana kita putar otak untuk mengelola rejeki itu, supaya disaat tertentu kita tidak kekurangan.

Sejauh ini rejeki (baca: air) masih dianggap sebelah mata, karena dianggap tak berharga ketika ada, jika sudah tidak ada baru dianggap berharga.


Sebagai penutup, barangkali ada yang bertanya, kenapa hutan Amazon yang dikenal sebagai hutan perawan bisa kekeringan?

Jawabnya karena dampak El-nino. Terjadi perubahan dalam suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur memengaruhi pola cuaca global. El-nino dapat mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari curah hujan hingga suhu udara, dan bahkan bisa menyebabkan bencana alam.

El-nino ekstrem mengakibatkan hutan Amazon di Amerika Selatan tidak mampu menyerap karbon dengan tingkat yang sama seperti sebelumnya. Sehingga tingkat kematian pohon lebih cepat daripada pertumbuhan pohon yang baru.

Faktor lain non alamiah yang mendukung proses degradasi hutan adalah peningkatan penebangan hutan dan kebakaran hutan.

Semakin lengkap bukan, alam sudah punya mekanisme rantai kehidupannya, eh ditambah manusia bikin ulah, makin hancurlah dunia ini. Alam punya keseimbangannya, manusia itu seperti dua bilah mata pisau, bisa merusak bisa juga mendukung. Tapi ternyata manusia lebih banyak merusak daripada menjaga keseimbangan alam, maka jadilah demikian.

Jadi kesimpulannya ratapilah ulah mu sendiri wahai manusia?


Semoga kita bisa lebih aware terhadap lingkungan. Perbanyak lah aktivitas outdoor bersama keluarga karena dari situ kita bisa merasakan pentingnya alam untuk kita.

Jika kita hanya asyik dengan hiburan di mall, pusat² keramaian non alam, maka kita gak akan dapat pelajaran mengenai perlunya keseimbangan. Apa yang ada diantara keramaian itu diambil dari alam, itu yang membuat alam gak seimbang, jadi di alam yang sudah gak seimbang ini kita harus bisa jadi penopang bukan jadi "dewa penghancur".

Bukan begitu adik² dan kakak², semoga jadi bahan instrospeksi bersama ya.

Tahun ini mudah²an saya bisa melewati masa kekeringan dengan aman sentosa sampai nanti musim hujan tiba dan air yang datang mudah² bisa dimanfaatkan setidaknya untuk acara siram² tanaman atau dibiarkan terserap kembali ke tanah untuk cadangan air.


Sampai jumpa disharing dan obrol² berikutnya, walau obrol satu arah tapi gak apa lah. Kalau ada yang mau ajak ngobrol bisa lanjut dikolom komentar ya.

Happy planting, make your world back to green again. -ngp

#onedayonepost
#umum
#teori
#amazonkering
#elnino

2 komentar:

  1. Walah hutan Amazon yang sebegitu besar dan melimpah saja bisa kekeringan, saya yang PAM mati juga, ikut ngerasain susahnya, memang sih mas..harus dari diri sendiri yg memulai, minimal menghemat air, menjaga ekosistem, nah kekeringan di negara kita kalau yg saya baca dari BMKG di karenakan El Nino,berdampak pada kekeringan/kemarau yg lumayan lama durasinya, di Lampung sendiri lumayan banyak daerah yg mengalami kekeringan dan di perkirakan bandar Lampung sendiri baru masuk musim penghujan di bulan Desember nanti...pantesan sekarang pun belum turun"hujan sudah hampir tiga bulan..bayangin nunggu Desember baru hujan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama sekali ya, Desember baru akan hujan?

      Sy di sini coba prediksi mungkin Oktober/November lah telat², makanya sy buru² untuk jelajahi area camp baru, karena kalau nanti camping pas musim hujan jadi gak asyik, beceq.

      Hapus