Bawang Prei yang Makin Bercabang

Sudah lama juga saya gak membahas soal bawang prei yang pernah saya tanam, saya sudah jarang update lagi. Meski saya gak update dipostingan blog, namun saya masih tetap rajin menyiramnya setiap hari, memberinya pupuk daun dan pupuk organik lainnya.

Memang saya hanya menanamnya di dalam pot kecil, itu juga yang membuatnya tak tumbuh seperti yang saya bayangkan. Meski begitu ada hal yang saya sukai itu bawang prei peliharaan ini tumbuh terus bercabang.

Awalnya ketika saya tanam itu hanya batang berakar yang terpenggal. Kemudian saya tancapkan ke tanah, dan ternyata dia tetap tumbuh hingga saat ini dia banyak cabang.


Dokumentasi pribadi, foto ini diambil tanggal 7 Augustus 2023, sore hari.

Saat ini bawang prei yang saya pelihara ini sudah punya beberapa cabang, seperti yang kalian lihat difoto didokumentasi di atas.

Nampak ada 4 daun memanjang menjulur ke atas, dan satu lagi daun kecil yang tengah tumbuh dari bagian batang bawah dekat tanah. Padahal kalau lihat awal² saya tanam itu ya hanya sebuah batang berakar yang terpenggal, eh sekarang sudah tumbuh menjadi beberapa daun menjulur ke atas.

Sempat pada awal bulan lalu itu ada satu daun yang menjulur yang kering, gosong dibagian tengah, lama² menjalar kepucuk, akhirnya saya potong saja supaya tumbuh daun baru.

Kalau dihitung dari sejak saya menanamnya, sudah ada sekitar mau dua bulan nanti tanggal 10 genap dua bulan. Saya ada rencana mencari batang bawang prei lainnya untuk saya tanam, jadi saya punya stok bawang prei yang mencukupi untuk kebutuhan dapur masak sesekali yang membutuhkan bawang prei. Tapi kalau sehari-hari diambil lama² habis juga, bisa gundul dan jadi batang terpenggal lagi deh.

Jika saya membutuhkannya sedikit untuk menambah toping pada masakan, tinggal saya gunting salah satu daun yang menjulur itu.

Di dalam pot kecil ada beberapa bibit tanaman yang saya tanam, ada cabe dan beberapa bibit lain, tapi ya tumbuhnya kerdil. Ya buat hijau² sementara saya biarkan dulu mereka di sana. 

Segitu saja sementara cerita dan sekaligus update soal peliharaan saya yang saya tanam dua bulan lalu. SiJeruk saja sudah ada updatenya, dimana dia mulai lahir buah baru walau masih pentil dan rawan rontok.


Sampai jumpai dipostingan berikutnya membahas soal yang hijau² yang berhubungan dengan tanaman/tumbuhan, masih di Naturality Green Plant. -ngp

#pengalaman
#umum
#onedayonepost
#bawangprei

2 komentar:

  1. Wah udah mulai menikmati hasil panennya ya mas😀..lumayan buat bumbu dapur...memang sih walau cuman di tuncepin di tanah bakalan tetap tumbuh ya cuman gak banyak alias ga subur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin hari makin bercabang dia ini, senang lihatnya ..

      Hapus