Pengaplikasian Pupuk Daun Organik Infarm

Pagi ini sesuai instruksi pemberian pupuk yang saya miliki baik disemprotkan pada pagi hari, dan tidak disarankan disemprotkan pada siang hari. Karena, pupuk daun ini fokus mengoptimalkan proses fotosintesis pada daun.

Oh ya lupa, jadi kali ini saya akan mengaplikasikan pupuk daun, produk dari Infarm yaitu Pupuk Daun Organik by Infarm. Kemasan produk ready to use 500 ml.


Penggunaannya karena mudah ya tinggal langsung semprot saja ke seluruh permukaan daun.

Untuk bahasan soal produk Pupuk Daun Organik by Infarm bisa dibaca ditautan postingan ini ya.


Ternyata setelah dibuka, isi dari pupuk daun organik punya Infarm ini bening dan tidak berbau dan cairannya tidak berwarna, encer pula dan tidak kental atau pekat sama sekali.


Target tanaman yang akan saya berikan pupuk ini ada SiJeruk, SiCabe dan tiga tanaman cabe liar, dan beberapa tanaman tomat.

Selengkapnya kalian bisa lihat divideo yang saya dokumentasikan di atas tadi ya. Video ini sengaja saya simpan untuk bahan tambahan review produk pada postingan sebelumnya.

Tinggal kita lihat perkembangan dari tanaman² peliharaan saya ini, hasilnya akan seperti apa, sesuai ekspektasi atau diluar itu.

Pemberian pupuk daun yang pertama ini pada tanggal 17 Juni 2023, dilakukan dipagi hari. Selanjutnya akan saya update dipostingan ini, berikut juga informasi perkembangannya.

Ketika awal, untuk tanaman SiJeruk kondisinya adalah ya standar, beberapa tunas baru nampak tumbuh dari ranting² skunder. Ada beberapa daun tunas baru yang tumbuh ya dapat gangguan hama 'kriting daun', intinya agak kurang segar.

Pada tanaman SiCabe ini daunnya nampak gak sehat, karena dari semut dan efek pembakaran ketika saya memusnahkan hama.

Pada tanaman cabe liar, yang saya temui adalah hama serangga semut, semut yang serupa juga saya jumpai pada tanaman cabai saya di halaman depan. Juga adalah kutu kebul.

Hari ini saya lakukan pemberian pupuk daun ke tanaman² peliharaan saya ini, semoga memberikan nutrisi dan membuat tanaman jadi sehat dan produktif.


Ke-2, 20 Juni 2023
Hari ini saya berikan lagi pupuk daun organik dari Infarm. Yups dosis penyemprotannya 3 hari sx, dan ini penyemprotan kedua.

Yang tampak dari tanaman SiJeruk, muncul tunas² baru dari ketiak² atau pangkal dahan, nampak tunas hijau segar muncul, cukup banyak sih kalau saya lihat. Harapannya, nutrisi pupuk daun organik ini bisa memberikan asupan gizi buat SiJeruk bertumbuh.

Sedangkan tanaman SiCabe yang kecil ini masih berusaha memperbaiki, soalnya kerusakan akibat semut dan efek pembakaran yang saya lakukan.


Ke-3, 26 Juni 2023
Hari ini saya sebenarnya sudah melewatkan 2x penyemprotan pupuk. Namun efek dari pupuk daun organik sudah tampak koq, tanaman SiJeruk dan SiTomat itu subur, makin subur saja, banyak tunas² daun baru sehingga lebih sehat.

Lain dengan dua itu, SiCabe tidak berefek, tetap saja merana karena serangan hama semut mengganggu pertumbuhannya, kasian sih, tapi semutnya ini emang sialan, merusak sekali. Walaupun SiJeruk juga diserang hama tapi masih bisa saya bantai, tapi kalau SiCabe, saya bantai malah makin rusak daun2 nya dan malah jadi merana.


Ke-4, 29 Juni 2023
Hari ini saya kembali menyemprotkan pupuk daun ke semua tanaman yang saya pelihara. Dari penyemprotan yang sejauh ini saya lakukan, nampaknya hanya berefek (+) pada tanaman SiJeruk dan SiTomat saja, yang tumbuh rimbun dengan daun² baru.

SiJeruk malah nampak bunga² baru muncul. Sedangkan SiCabe malah merana, dan makin merana. Pertumbuhannya stagnan. Hama semut masih saja datang dan mengganggu, menggerogoti daunnya.


Ke-5, 2 Juli 2023
Hari ini saya juga rutin berikan semprotan pupuk daun ke tanaman peliharaan saya. Updatenya masih sama dengan cerita sebelumnya, tidak ada perubahan berarti atau sesuatu yang berbeda.


Ke-6, 6 Juli 2023
Hari ini saya lakukan penyemprotan pupuk seperti biasa. Saya tidak ada update cerita apapun, karena ya biasa saja.

Soal bunga pada tanaman jeruk yang sebelumnya muncul sekarang sudah hilang dan tidak ada kelanjutannya, misalnya buah baru atau apapun itu tidak nampak lagi. Sekarang ya kembali tumbuh seperti biasa saja. Dugaan saya sih kurang nutrisi dari media tanamnya, akarnya harusnya saya tutup media tanah, tapi saya belum membelinya jadi masih terbuka.


Ke-7, 9 Juli 2023
Hari ini saya kembali melakukan penyemprotan pupuk daun ke beberapa peliharaan saya. Sejauh ini ya efeknya masih sama saja, belum ada hal yang terbaru sih.


Ada satu, itu tanaman SiCabe yang tumbuhnya kurang subur, mulai menunjukan tanda perubahan, buah cabe yang sebanyak 2 pcs yang sudah ada sejak tanaman bibit cabe ini saya beli dulu mulai menunjukan perubahan warna, dari hijau menuju ke jingga, menuju ke arah pemasakan buah cabainya. Ya tapi hanya dua itu saja, beberapa kali sempet berbunga tapi gugur tanpa menghasilkan buah baru. Lagi² itu efek dari kurang nutrisi dan gangguan hama semut.



Oke, saya cukupkan dulu terkait post ini, update selanjutnya akan dilakukan berkala.

Happy planting, happy farming ... Mencoba menghijaukan dunia dimulai dari rumah sendiri. -ngp-

0 comments:

Posting Komentar