Memahami Sebuah Hobi yang Tengah Digeluti Saat Ini

Sejak pertengahan tahun 2023 ini saya punya hobi yang lekat dengan suasana hijau², hawa aroma pegunungan, sejuk aroma kabut khas pegunungan hingga suasana hijau rindang pepohonan.

Itu kenapa saya mulai mengumpulkan aparel terkait aktivitas camping. Disaat yang sama juga ternyata itu memancing saya untuk menyenangi hal yang berhubungan dengan tanaman.

Entah apakah itu ada hubungannya atau tidak, tetapi dalam waktu bersamaan saya mulai menyenangi dan mencoba hobi satu ini.



Suasana ini yang bisa mengobati keruwetan tiap pekan, senang ketika awal datang, sedih ketika pulang. Itu tanda bahwa keruwetan esok menanti di depan mata.

Padahal sebelumnya saya tidak begitu tertarik dengan hobi memelihara tanaman, bahkan saya anggap hobi yang aneh, karena tidak ada yang bisa dinikmati.

Namun ternyata setelah saya terjun, ya saya bisa menikmatinya. Walaupun ya masih newbie, mencoba ini dan itu dengan belajar via Google saja panduannya. Karena saat ini cara ini yang paling praktis.

Hobi yang sedang saya lakukan ini ternyata punya kemiripan dengan hobi saya sebelumnya, yaitu memancing. Lha hubungannya apa?

Hubungannya yaitu sama-sama menunggu, setelah berusaha dan tinggal menunggu.

Kalau mancing itu, kita berusaha masang umpan di kail lalu lempar kail kita ke titik yang dimungkinkan ada ikan di sana dan lalu menunggu ketika kail kita disambar ikan, tarik dan strike.

Kalau berkebun ini, saya menikmati juga pola yang hampir sama. Saya berusaha mencoba menanam, merawatnya dan saya pasti akan menunggu, apa yang ditunggu yaitu apa yang kita tanam itu 'berbuah'. Jika menanam tanaman bunga pastinya yang ditunggu adalah bunganya. Sedangkan jika menanam tanaman buah dan sayur yang ditunggu adalah saat dia panen.

Hal pembedanya adalah lama waktunya, ketika memancing proses itu bisa diulangi dalam waktu yang singkat berusaha dan menunggu bisa dilakukan berulang-ulang. Sedangkan berkebun/ menanam, berusaha dan menunggu adalah bener² sebuah proses, berusaha dengan segala cara, memberi pupuk menjaga dari hama, rajin merawat dengan menyiraminya dan terus menjaga, sambil sembari menunggu waktu panen itu tiba.

Keduanya sama² melatih kesabaran dan ketenangan. Jika memancing melatih sabar atas proses yang berulang, sedangkan menanam itu melatih sabar atas proses yang panjang.

Lalu esensi hobi camping yang juga sedang saya lakukan saat ini, itu adalah bagaimana saya menikmati alam yang indah ini dan harus terus menjaganya, karena kalau tidak, semuanya akan rusak. Esensi hobi yang terakhir ini adalah soal bagaimana menyadari harus menjaga lingkungan dan jangan merusaknya. Semuanya berhubungan satu sama lain.


Hobi nongkrong di cafe bukan pilihan saya saat ini. Menghabiskan waktu di sana bisa sesekali jika ada sesuatu yang 'penting', tapi bukan suatu rutinitas setiap Minggu.

Menikmati apa yang jadi pilihan saya saat ini lebih bermanfaat bagi saya. Selengkapnya mengenai hobi ngecamp, traveling dan healing ini akan dibahas diblog tersendiri, Travrlin-Healing by Naturality Channel.

Tentunya tiap orang punya preferensi masing² melakukan sesuatu yang mereka senangi. Ya sama seperti mereka yang senang duduk menghabiskan waktu dan uang di cafe, karena mereka pula perputaran ekonomi berjalan.


Apakah hobi kalian? Ceritakan di kolom komentar dan biarlah kita bertukar preferensi kesenangan masing² sambil bertukar ide. -ngp-

2 komentar:

  1. Kan ada pepatah I don't like Monday..ya itu kalau akhir pekan senang begitu Senin balik aktifitas lagi stress lagi hehehe...sayapun sebetulnya hobi jalan mas..liat yg hijau"gitu, tenang adem..ga berisik,kalau ke tempat keramaian gak betah saya...kalo ke kafe juga sesekali itupun bareng sodara..kalo sendiri mah mana mau 😁

    BalasHapus