Memanfaatkan Kopi untuk Pupuk Organik di Kebun Rumah

Setelah kemarin kita bahas soal minyak goreng dan cangkang telur yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk, kali ini kita bahas bahan lain yang bisa kita manfaatkan dan mudah diperoleh di rumah. Kemarin semper juga saya singgung sedikit manfaat kopi yang baru saya sadari ternyata bisa memgusir semut dari tanaman peliharaan kita.


Nah kalau di rumah penghuninya seneng ngopi, tentunya mendapatkan bubuk kopi bekas pakai terasa mudah. Karena pastinya ampas kopi itu akan dibuang setelah diekstrak. Nah daripada dibuang begitu saja, ternyata ampas kopi ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk lho.

Ilustrasi, penggunaan kopi sebagai pupuk atau nutrisi tanaman. Gambar diambil dari Google

Baru tahu?

Hmm harusnya sih sudah tahu ya, mungkin paling tidak pernah mendengarnya.

Pada postingan kali ini saya mau bahas soal itu, bagaimana pemanfaatan bubuk kopi bekas atau ampas kopi bisa digunakan sebagai nutrisi tanah dan tanaman di rumah kalian.

Ada banyak cara sih, ada yang mudah dan ada yang agak ribet, tapi sebenarnya masih dalam tahap paling mudah koq. Bahkan orang yang malas repot saja bisa melakukannya koq.

Jadi ampas kopi yang digunakan ini tidak perlu dibilas terlebih dahulu, jadi ampas kopi hasil ekstrak pertama bisa langsung digunakan sebagai pupuk. Ampas kopi bersifat netral jika mencucinya maka ampas kopi akan mendekati pH netral yakni 6,5 dan kondisi ini tidak akan mempengaruhi tingkat keasaman tanah padahal kondisi ini diperlukan oleh tanah.

Ampas kopi tersebut ditabur di permukaan tanah, lalu sesudah ditabur secara menyeluruh langkah berikutnya menaburkan kembali tanah untuk menutup permukaan ampas kopi. Tidak perlu terlalu tebal, sekitar setengah inci, dan biarkan mikroba pada tanah dan ampas bubuk kopi bekerja.

Untuk perbandingan tanah yang digunakan, jika ingin melakukannya terhadap tanaman dalam pot pada tanaman yang agak besar, maka permukaan lapisan ampas kopi cukup ditabur sekitar setengah inci. Berbeda jika tanaman kecil, kadar lapisan tanah juga kecil, sekitar seperempat inci.

Cara ini sangat mudah bukan, tidak perlu melakukan fermentasi yang membutuhkan effort bagi yang tidak mau ribet. Cukup plug and play.


Bubuk kopi bekas pakai atau ampas kopi merupakan sumber nitrogen yang baik, cocok pula bagi tanaman yang menyukai keasaman seperti bluberi, rhododendron, azalea, lily, serta beragam tanaman hias dan buah lainnya. Kopi mengandung asam ringan yang pas jika diberikan sebagai nutrisi tanaman.

Diketahui pula dalam kopi terdapat kandungan mineral utama antara lain kalsium, kalium, besi, fosfor dan kromium. Cacing tanah diketahui juga menyukai kopi karena memberikan asupan untuk kehidupan mereka di tanah.

Selain itu, sifat kopi yang abrasif bagi beberapa molusca seperti siput hama tanaman membantu tanaman terhindar dari hama tersebut. Aroma kopi ini juga diketahui tidak disukai beberapa hama tertentu.


Setelah paham, jadi apa masih mau membuang ampas sisa kopi?

Jika kamu senang berkebun, ampas kopi ini merupakan sesuatu yang sangat bodoh jika disia-siakan, karena itu bisa membuat kebun di rumah mu menjadi subur.

Sekian dulu sharing yang bisa saya bagikan, happy planting ya sobat planter. Jadikan kebun rumah mu sumber bahan untuk dapur keluarga. Sampai jumpa dipostingan lainnya. -ngp

#onedayonepost
#repost
#naturalitygreepplant
#umum
#pupuk

2 komentar:

  1. Tapi kalo ngopinya pake gula gimana tuh..pan ada masih manis"nya...emm ternyata ampasnya pun bisa buat pupuk tanaman toh,gak sekedar pengusir semut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikasi gula, semutnya jadi balik lagi, karena manis 😂

      Hapus