Minyak Goreng Bekas untuk Pupuk

Sebelumnya di Naturality Channel saya pernah post soal minyak goreng bekas yang meski dilihat sebagai limbah, ternyata masih bisa punya nilai tambah, sebagai bahan baku bio diesel dan bisa juga dimanfaatkan menjadi pupuk. Disamping ada banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan dari bahan limbah minyak goreng.


Menyoal soal pupuk, ada salah satu blogger yang komentar di sana, bagaimana penjelasannya terkait limbah minyak goreng yang jadi pupuk ini.

Pada postingan itu saya memang gak bahas soal itu. Nah, kebetulan di sini blog soal green plant, jadi saya coba cari tahu bagaimananya, sekalian nambah pengetahuan kita juga ya.

Perlu diketahui pupuk yang dihasilkan dari bahan minyak goreng bekas ini sebenarnya hanya pupuk tambahan, bukan menjadi pupuk utama, sehingga ketika diaplikasikan pada tanaman peliharaan anda, perlu juga dikombinasi dengan pupuk lainnya.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google

Minyak goreng bekas menghasilkan asam lemak jenuh yang sangat tinggi ini karena minyak telah mengalami beberapa reaksi akibat penggorengan berulang. Asam lemak itu bisa membantu pertumbuhan tanaman.

Cara untuk membuat/ mengolah minyak goreng bekas menjadi pupuk ini beragam, berikut ini saya share dari salah¹ cara, cara lain memungkin saja ya.

Siapkan terlebih dulu bahan² nya, tentunya minyak goreng bekas 500-1000 cc merupakan bahan utama yang harus disiapkan, bahan² lainnya sbb.:
✓ Bekatul
✓ Air
✓ EM4 *ini merupakan bahan pupuk juga
✓ Molase / tetes tebu

Alat bantu yang diperlukan juga perlu disiapkan, sbb.:
✓ Saringan
✓ Jerigen tertutup
✓ Selang bening kecil
✓ Gayung
✓ Botol


Cara pembuatannya, sbb :
#1 Campurkan bahan² utamanya tadi, minyak goreng bekas, air, bekatul, EM4 dan tetes tebu. Campur jadi satu dan aduk hingga merata.

#2 Setelah bahan tercampur sempurna, masukan bahan tersebut ke dalam jerigen tertutup. Nah ini dilakukan untuk melanjutkannya ke proses fermentasi, butuh waktu selama 30 hari bahan adonan tersebut difermentasi di dalam jerigen tertutup rapat. Simpan jerigen tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

#3 Lubangi jerigen tadi untuk jalur selang bening, yang dihubungkan ke botol yang berisi air. Pembuatan pupuk ini mengandalkan fermentasi seperti yang dijelaskan dipoin 2 tadi. Maka dari itu, lubangi tutup jeriken dan masukkan selang kecil hingga masuk ke adonan. Ujung selang yang berada di luar tadi, dimasukkan pada botol kecil berisi air untuk mengontrol suhu selama proses fermentasi.

#4 Ciri adonan pupuk sudah jadi adalah ketika adonan nggak berbau busuk, tapi berbau asam khas POC (Pupuk Organik Cair). Tanda lainnya saat jerigen digoyangkan akan muncul gelembung-gelembung kecil dalam jumlah banyak membentuk seperti busa.

Pemberian dosis pupuk organik cair yang sudah jadi ini janganlah berlebihan, range 5 - 10 ml per tanaman. Itu bisa dicampurkan dengan air. Dengan frekuensi pemberiannya 1-2 minggu sekali untuk dapatkan hasil maksimal.

Dosis 5ml/ liter itu digunakan untuk semprot dan 10ml /liter untuk siram. Nggak seperti pupuk-pupuk alami lain, akan lebih baik jika mengaplikasikan pupuk jelantah ini ketika tanaman sudah memiliki daun sempurna yakni minimal 3 minggu setelah tanam.


Selain yang disampaikan di atas, kalian juga bisa ikuti tutorial membuat pupuk dari minyak goreng bekas pakai dari salah¹ channel YouTube, dimana secara umum bahan dan langkahnya serupa dengan yang disebutkan di atas.

Video di ini akan lebih mempermudah dalam sobat planting membuat pupuk organi cair dari minyak goreng bekas sebagai bahan utamanya.

Bisa juga dengan menggunakan bahan alternatif lain yang juga ada di dapur rumah kita, tutorialnya bisa ditonton di YouTube ini, walaupun tidak begitu jelas tapi setidaknya bisa jadi variasi pembuatan, tinggal disesuaikan dengan ketersediaan bahan untuk membuatnya.


Sejauh ini minyak bekas pakai ini diolah jadi pupuk melalui proses di atas tadi. Tentunya bagaimana bahan dan caranya masih terus berkembang ke depannya, karena tuntutan mengurangi limbah dari minyak goreng bekas pasti harus dilakukan.

Sekian informasi yang bisa dibagikan, relatif sederhana kan membuatnya, mungkin jika memungkin mencobanya di rumah jika peliharaan tanaman di rumah sudah cukup banyak dan limbah dari minyak goreng bekasnya juga melimpah cara ini bisa dicoba.

Sampai jumpa dipostingan lainnya #onedayonepost happy planting, asal jangan terplanting-planting, sakit kalau jatuh. 😂 -ngp

#onedayonepost
#naturalitygreenplant
#repost
#umum
#pupuk

2 komentar:

  1. Saya taunya memang minyak goreng bekas bisa di manfaatkan untuk bio diesel..tapi kalau untuk pupuk tanaman baru tauk saya mas walaupun bukan pupuk utama...taneman bisa tumbuh subur ya..beda Ama manusia ya..pake minyak bekas berulang malahan jadi kolestrol 😁.tapi dapet pengetahuan baru juga nih jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau manusia bisa turun mesin kebanyakan pakai minyak goreng bekas 😂

      Hapus