Ternyata Pakai Ini Toh Ngusir Hama Semut pada Tanaman Cabe

Saya dibuat sebal dan sekaligus kesal dengan hama, dalam hal ini semut. Tanaman cabe peliharaan saya yang sempet panen beberapa waktu lalu hidupnya merana.

Telah sempat muncul bunga cabe sebagai awal untuk numbuh calon buah baru eh harus gagal kembang gara² tanaman cabe peliharaan saya ini tiap saat harus jadi tempat bermain semut².

Memang sih mereka gak membuat sarang, tapi adanya mereka itu selalu membuat tanaman cabe jadi merana, sampai akhirnya saya beruntung masih bisa memanen dua buah cabe.


Saat ini tanaman cabenya masih hidup, masih tumbuh hijau, hanya saja jika dilihat agak merana, kurang sehat dan kurang segar.

Padahal setiap hari saya tetap rutin menyiramnya dan 3-4 hari sekali untuk pupuk daun. Dan pupuk organik cairnya 2 minggu sekali. Sesekali kalau ada air cucian beras juga saya siramkan ke tanah dimana tanaman cabe itu tumbuh.

Sampai ketika saya membaca artikel bahwa kopi bisa digunakan untuk pupuk tanaman dan punya khasiat baik untuk tanaman, daripada dibuang sia².

Saya saat itu belum detail, hanya saja terpikir juga eman² membuang ampas kopi begitu saja, akhirnya saya mulai membuang ampas kopi ini ke tanah dimana tanaman cabe saya ini tumbuh.

Ilustrasi pemberian bubuk ampas kopi ke tanaman peliharaan. Gambar diambil dari Google

Efeknya setelah beberapa hari, saya koq mulai jarang melihat ada semut main² di tanaman cabe kesayangan saya ini.

Artinya kopi jadi pengusir hama it's work!

Bagus lagi ketika saya lakukan proses fermentasi dan menjadikannya sebagai pupuk organik cair. Hanya saja saya tidak cukup mengumpulkan segitu banyak ampas kopi, karena frekuensi ngopi saya tidak setiap hari juga, takut lambung saya jebol malah.

Nah itu jadi pengalaman sederhana saya memanfaatkan kopi sebagai pengusir hama dengan cara paling simpel dan sederhana. Entah apa yang saya lakukan ini tepat atau tidak menurut pakar tanaman, saya hanya melakukan apa yang jadi insting bahwa ternyata si semut ini seperti ya ogah main² dekat² bubuk kopi yang ada di bawah tanaman cabe peliharaan saya ini.

Ingat ya, ampas kopinya jangan yang sudah tercampur gula, kalau itu sih sama saja bohong. Ampas kopinya adalah yang murni kopi habis dibrewing V60, vietnam drip, espresso, mokapot dll. Asal ampasnya itu masih murni bubuk kopi tanpa campuran bisa digunakan.

Segitu saja deh share pengalaman dari saya, jika ada yang tidak sesuai boleh dikoreksi dikolom komentar ya, supaya sama² belajar untuk pembaca yang lain. -ngp

#onedayonepost
#pengalaman
#pupuk
#umum

2 komentar:

  1. Ooh..bisa di coba nih..pake kopi..biasanya kopi buat ngilangin bau,taunya berdasar pengalaman sampean bisa buat ngusir semut hehehe...bisa-bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ngaruh banget, soalnya sy sudah coba pakai pestisida nabati juga gak mempan eh. Delalah pakai ampas kopi taruh aja diatas tanah si semut jadi ogah main² lagi. Mungkin takut insomnia x hahaha 🤣

      Hapus