Ampas Teh Ternyata Bisa Juga Jadi Bahan Pupuk

Kali ini masih mengeksplor bahan² yang ada di dapur rumah kita yang memungkinkan dimanfaatkan jadi pupuk setelah dipakai. Selama ini kan bahan² yang sudah habis pakai umumnya kita buang, tapi ternyata bahan² ini bisa dimanfaatkan lagi.

Kita tahu sebelumnya ada bahasan soal air cucian beras, minyak goreng bekas, kemudian ada pula dari ampas kopi dll. Nah, kali ini ternyata teman dari kopi yakni teh, terutama ampasnya itu bisa juga lho jadi pupuk.

Ampas teh dipercaya mengandung nitrogen dan kafein yang cukup tinggi. Nitrogen merupakan salah¹ nutrisi yang dibutuhkan tanah dan pada akhirnya akan dimanfaatkan tanaman itu sendiri. Sedangkan kafein dianggap mampu mengusir hama atau gulma.

Nitrogen diperlukan untuk pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang, dan akar.

Selain itu ampas teh juga bisa membantu retensi air dan memaksimalkan penyerapannya pada tanah.

Ilustrasi ampas teh, gambar diambil dari Google

Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan ampas teh ini digunakan sebagai pupuk. Pastikan ampas teh tidak terkontaminasi gula. Artinya murni ampas teh sisa seduh tanpa gula.

Baiknya teh memang disajikan tanpa gula, jika pun memberikan gula itu setelah teh selesai diseduh, sehingga ampas teh akan aman dari kontaminasi gula.

Ampas teh yang dikumpulkan itu kemudian dijemur terlebih dulu di bawah sinar matahari untuk membuatnya menjadi kering (kembali kering).

Apabila sudah kering, campurkan ampas teh kering tadi ke media tanam atau permukaan tanah. Bisa disesuaikan dengan ukuran media tanamnya ya.

Ampas teh yang diletakkan di permukaan tanah atau media tanam, kemudian akan diolah secara alami oleh cacing tanah. Kandungan asam pada ampas teh akan menghasilkan pupuk alami yang kaya nutrisi untuk tanaman.

Sesederhana itu bukan, dan kalian pasti akan dengan mudah mengaplikasikannya di rumah, dan tentunya itu mengurangi sampah buangan rumah tangga. Dan memanfaatkan bahan² sampai pada akhirnya, artinya tidak ada sampah yang terbuang sia² tanpa guna.

Lihat juga video di sini bagaimana membuat pupuk dari bahan ampas teh.

Cara di atas untuk teh celup yang lebih mudah diolah karena lebih lembut menyerupai serbuk tanah sehingga dapat lebih mudah diaplikasikan ke tanah karena teksturnya menyerupai tanah.


Sekian dulu sharing yang bisa saya bagikan, happy planting ya sobat planter. Jadikan kebun rumah mu sumber bahan untuk dapur keluarga. Sampai jumpa dipostingan lainnya. -ngp

#onedayonepost
#repost
#umum
#pupuk

2 komentar:

  1. Iya nih lumayan ngebantu ya jadi pupuk alternatif, selain itu ngurangin limbah dapur..makasih infonya mas

    BalasHapus