Memahami Nutrisi yang Dibutuhkan Tanaman

Lagi, lagi dan lagi kita diajak untuk belajar ketika mengenal hobi yang baru. Tidak sekedar menjalani hobi tapi kita juga harus belajar mengenai seluk-beluknya, ilmu², tips dan triknya kita juga harus belajar. Baik secara teori dan pengalaman.

Nah kali ini, saya mau memahami soal nutrisi apa saja sih yang dibutuhkan tanaman, supaya tanaman itu tumbuh dengan sehat.

Sama seperti makluk hidup lainya, layaknya manusia dan hewan, tanaman juga butuh nutrisi supaya hidup sehat dan bugar. Terutama untuk tanaman, kesehatannya diukur dengan apakah dia bisa menghasilkan sesuatu?

Jika tanaman atau tumbuhan buah-buahan, apakah dia menghasilkan buah yang berlimpah setiap musimnya? Jika dia adalah tanaman atau tumbuhan sayur-sayuran, apakah dia menghasilkan hasil sayuran yang segar dan hijau cerah, tidak pucat? Bahkan seperti tanaman atau tumbuhan bunga-bunga, apakah dia menghasilkan bunga² yang indah dan cantik serta segar?

Semuanya itu membutuhkan nutrisi yang baik karena tidak mungkin akan menghasilkan sesuatu yang baik jika tidak dipasok nutrisi yang baik pula.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google.

Perlu diketahui, kebutuhan dasar dari tanaman/ tumbuhan adalah pasokan CO² atau O², air dan tanah. Memang ada pula tanaman/tumbuhan yang tak memerlukan tanah, yakni hidroponik planting.

Fungsi tanah sendiri adalah penyimpan atau tempat tersimpan ya nutrisi² yang mayoritas dibutuhkan oleh tanaman/tumbuhan. Meskipun nutrisi² tersebut ada pula yang bisa diberikan dengan cara lain, misalnya disemprotkan (melalui bantuan manusia). Jika secara alami, tentunya tanah adalah sumber nutrisi alami yang bisa tanaman/tumbuhan peroleh untuk kelangsungan hidupnya.

Ilustrasi, tabel periodik unsur kimia. Coba cari unsur kimia yang dibutuhkan oleh tanaman/tumbuhan bisa kalian cari di tabel di atas. Gambar diambil dari Google.


Nutrisi yang dibutuhkan tanaman/tumbuhan ada dua jenis yaitu nutrisi mikro dan nutrisi makro. Untuk penjelasan mengenai keduanya, bisa disimak pada penjelasan terpisah.

Nutrisi Mikro
Merupakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman/tumbuhan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kebutuhannya pun bervariasi tergantung jenis tanamannya.

Apa saja zat yang menjadi nutrisi mikro ini?

✓ Klor (Cl)
✓ Zat besi (Fe)
✓ Mangan (Mn)
✓ Tembaga (Cu)
✓ Seng (Zn)
✓ Boron (B)
✓ Molibdenum (Mo)


Nutrisi Makro
Merupakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman/tumbuhan dalam jumlah besar.

Apa saja zat yang menjadi nutrisi makro ini?

✓ Nitrogen (N)
✓ Phosfor (P)
✓ Kalium (K)
✓ Sulfur/belerang (S)
✓ Calsium (Ca)
✓ Magnesium (Mg)


Nutrisi² yang disebutkan di atas merupakan jenis mineral yang istilahnya tidak asing ditemui pada tabel unsur periodik. Jika dulu sekolah pada mata pelajaran Kimia nya bernilai baik, pasti gak asing dengan Tabel Unsur dan yang disebutkan di atas pasti ada pada tabel tersebut.


Nah setelah memahami nutrisi yang dibutuhkan tanaman/tumbuhan, kita juga perlu tahu manfaat dari unsur² kimia yang disebutkan di atas tadi.

Karena akan percuma jika kita tidak tahu manfaat nutrisinya untuk tanaman itu akan seperti apa, dan kita jadi tahu apa yang dibutuhkan dari tanaman itu sendiri. Penjelasan tersebut akan saya bahas terpisah.

✓ Klor (Cl) berfungsi memperbaiki dan meningkatkan hasil kering dari tanaman/tumbuhan misalnya tembakau, kapas, kentang dan sayuran.

✓ Besi (Fe) berfungsi dalam pembentukan zat hijau daun (klorofil) dan mendukung dalam proses pernafasan pada tanaman.

✓ Mangan (Mn) berfungsi dalam memperlancar proses asimilasi, serta memperlancar dalam pembentukan dan melancarkan kerja enzim.

✓  Tembaga (Cu) berfungsi dalam pembentukam zat hijau (klorofil) dan merupakan bahan pembentuk beberapa enzim.

*Besi (Fe) dan Tembaga (Cu) dan Nitrogen (N) dan Magnesium (Mg) punya fungsi yang hampir mirip yakni soal pembentukan zat hijau daun (klorofil).

✓ Seng (Zn) berfungsi dalam pengaktifan bebrapa jenis enzim pada tanaman dan juga berperan dalam biosintesis auksin, pemanjangan sel dan ruas batang.

✓ Boron (B) berfungsi dalam mengangkut karbohidrat ke seluruh tubuh tanaman/tumbuhan. Membantu bagian tubuh tanaman untuk tumbuh aktif dan berperan dalam proses pembelahan sel pada tanaman biji.


✓ Molibdenum (Mo) berfungsi mengikat nitrogen dari udara bebas dan mengaktifkan enzim nitrogenase. 

✓ Nitrogen (N) berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan vegetatif secara keseluruhan, terkhusus pada akar, batang dan daun. Berperan juga dalam pembentukan zat hijau (klorofil). Selain itu berperan dalam pembentukan protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik lainnya.

✓ Phospor (P) berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, khususnya akar benih pada tanaman muda. Sebagai bahan mentah untuk pembentukan protein tertentu. Membantu proses asimilasi dan pernafasan pada tanaman. Mempercepat pembungaan dan pemasakan biji dan buah.

*Phospor (P) dan Mangan (Mn) punya fungsi yang hampir mirip yakni membantu proses asimilasi dan pernafasan pada tanaman.

✓ Kalium (K) berfungsi dalam pembentukan karbohidrat dan protein. Memperkuat organ² tanaman seperti daun, bunga dan buah sehingga tidak mudah rontok atau berguguran. Sebagai  sumber daya tahan tanaman/tumbuhan dari kekeringan dan penyakit.

✓ Calsium (Ca) berfungsi dalam merangsang pertumbuhan bulu-bulu akar, mengeraskan batang tanaman dan merangsang pembentukan biji. 

✓ Magnesium (Mg) berfungsi dalam pembentukan zat hijau daun (klorofil), karbohidrat, lemak dan senyawa minyak yang dibutuhkan tanaman. Serta membantu dalam mendistribusikan Phospat (P) pada tubuh tanaman/tumbuhan.

✓ Sulfur (S) berfungsi dalam pembentukan bintil akar dan membantu pertumbuhan anakan tanaman.


Itu dia kira² nutrisi umum yang dibutuhkan tanaman/tumbuhan, agar peliharaan kita bisa tumbuh dengan sehat, segar dan bisa menghasilkan sesuatu yang bisa jadi kepuasan hakiki bagi pemeliharanya.

Saat ini punya kebun tanaman² sayur dan buah untuk menyuplai kebutuhan dasar rumah tangga sedang mulai dilakukan di rumah², dikenal dengan urban farming. Perlu kita ketahui nutrisi yang dibutuhkan tanaman² kita, karena ketika ditanam di lahan terbatas, maka nutrisi ini harus dipasok dari luar, sehingga kita perlu tahu kegunaan dari masing² nutrisi yang disebutkan di atas tadi.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan kita sebagai 'planter', istilah yang saya buat untuk menyebut orang yang menekuni hobi tanam-menanam ini.

Padahal, pengertian planter itu sebenarnya jauh lebih luas, yakni orang-orang yang bekerja memanage (mengelola) suatu usaha perkebunan mulai dari aspek agronomis sampai aspek bisnisnya, berstatus karyawan leader (Pimpinan).

Sekian dulu sharing informasi terkait nutrisi apa saja yang dibutuhkan tanaman. Pada post selanjutnya akan saya pelajari dan pahami terkait mengenai, apabila nutrisi² tersebut di atas tak terakomodir atau tidak dipenuhi pada tanaman, maka apa yang terjadi?


Saya akan bahas itu pada postingan terpisah dari ini, supaya tidak terlalu banyak. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Happy planting, make your home always green and can support your kitchen needed. -ngp-

2 komentar:

  1. Sekali lagi..sebagai orang awam yg gak terlalu paham ttg tumbuhan..koq ya mirip-mirip ya nutrisinya sama juga seperti manusia..maaf ya kalo belum paham..btw tanaman di rumah saya kurang matahari jadinya kerdil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mirip2 manusia. Ini mimin juga lagi belajar untuk memahami soal tanaman, maklum newbe.

      Wah kalau orang, kurang cahaya matahari itu bisa beri-beri ... "diberi uang sih malah senang"

      Btw, ini sedang diresume apabila kekurangan nutrisi2 yang disebut di atas itu efeknya apa.

      Btw kalau soal sinar matahari, masalahnya paling masalah diproses fotosintesisnya tidak berlangsung sempurna. Tapi ada lho tanaman yang dia ini tumbuh mencari cahaya matahari, makanya ada tanaman yang rantingnya itu belok cari cahaya matahari. Keren juga ya mereka ini.

      Hapus